V I S I T O R S

.introduction.

Dajia hao!

Sekarang di mana-mana lagi pada rame ngomongin bahasa Mandarin. Ada yang mau les, ada yang pengen cari pegawai bisa bahasa Mandarin, ada orang tua yang mencari sekolah harus ada pelajaran bahasa Mandarin, dan alasan-alasan lainnya, yang bisa menghubungkan orang dari segala penjuru.

Saya sendiri belajar Mandarin sejak tahun 2004. Banyak orang terkejut dengan pilihan saya ketika pertama kali saya bilang mau ambil jurusan Sastra Cina. Tapi akhirnya terlalui juga masa kuliah 4 tahun itu dengan selamat.

Awal lulus, saya bekerja di salah satu pre-school franchise dari Singapore, dan SD National Plus yang ada di daerah Tangerang, sempat juga bekerja di perusahaan. Selama bekerja di perusahaan, saya masih terus mengajar sebagai guru part-time di bimbel bahasa Mandarin. Setelah hampir 1 tahun double jobs, akhirnya keluar juga dari perusahaan.

Mengajar Mandarin bisa dibilang sudah menjadi hobi. Dari pengalaman-pengalaman mengajar, saya memperhatikan ada masalah-masalah yang cukup menonjol.
Salah satunya, "Bingung, gimana belajarnya...??"


Melalui blog ini, saya harap bisa membantu teman-teman untuk memahami bahasa unik ini dan cara pembelajarannya. Untuk itu, pertanyaan dari teman-teman akan sangat membantu.
Karena belajar itu bukan hanya untuk murid kok, gurunya pun harus belajar juga...


Salam kenal,
Reta






6 komentar:

  1. Reta laoshi ni hao! Wo yong nide jieshi!! Di buku, dan di film2 yg aq tnton, cara plafalan kya GUO, TANG, DAI, KUAI, dll itu yah sama. Jadi dai ya dai, ga jadi tai. Guo ya guo nggak jadi kuo. Tapi bbrp hruf susah, emang beda. Trus, bner ga klo org Cina bner2 ga ngerti klo kta slah shengdiao? Kya msal, shenme. Artinya kan apa. Msa kta yg umumumumum gtu mreka ampe ga bs ngrti gitu? Trus gmna dgn misal kuai. Kuai yg nada sama smua kn artiny ad bnyak. Kuai cpet, sma kuai sneng. Org apa ga pusing?

    Gan xie nin (atau ni?) ?

    BalasHapus
  2. Hi, sorry bgt ya for the late reply.
    Yang pertama, GUO(nada 2=negara), itu adalah PINYIN nya. Untuk cara membacanya harus dibaca kuo. Kalau PINYIN nya KUO atau KUAI ini dibacanya harus ada udara yang keluar. Jadi yg membedakan antara G dan K adalah ada tidaknya udara yang keluar.
    Untuk nada yang salah, memang ini akan membingungkan mereka. Cthnya: qing(3)wen(4) dan Qing(3)wen(3). Yang pertama artinya numpang tanya, yang kedua artinya silahkan cium.. Hehe.. jadi beda bgt kan... kecuali km berbicara sama orang Cina yang emg guru, jadi mrk bisa menebak maksudnya.. Kuai itu memang 2-2nya nada 4, tapi HANZI nya berbeda

    BalasHapus
  3. Hi,
    Melihat di internet tentang anda, kami yang membuka bimbel ingin mendapatkan kesempatan untuk mengenal anda. Jika anda berminat, dapat menghubungi GROW LEARNING CENTRE di Jembatan Tiga 6C, Jakarta Utara. No. telpon 021 - 660 1141; jam mengajar 13.00 - 19.30

    Terima kasih.

    Regards,
    Mulyadi.

    BalasHapus
  4. loashi hao,wo jiao lee xiao long
    laoshi sy baru belajar mandarin gmn cara berlatih fayin sendiri yg benar?
    add fb q jg y lee_domi@yahoo.co.id
    xiexie

    BalasHapus
  5. ni hao domi. xianzai ni de hanyu yiding hen hao le. saya sudah add ym kamu ya. xiwang wo neng bang ni xue hanyu.

    BalasHapus
  6. hai reta.saya tertarik sekali belajr bhs. mandarin...bantu donk!!!

    BalasHapus