V I S I T O R S

.buat mami papi yang bingung. (conversation)

"Bingung ni gw ngajarin anak gw bahasa Mandarin..."


Kalimat yang satu ini sudah seringgg banget saya denger dari kebanyakan orang tua. Ada beberapa tips buat mami papi yang lagi bingung gimana ngajarin anaknya.

Khususnya buat yang anaknya masih di tingkat TK - SD

  1. Jangan tunjukkan ke anak Anda kalau Anda sendiri juga ga bisa (kalo bisa pasti ga pusing kan..^^). Sebaliknya, ajak anak Anda untuk mengajarkan apa yang dia baru pelajari hari ini di sekolah. Anak umur segini paling seneng kalo merasa dirinya lebih pinter dari orang dewasa. Yang perlu diperhatikan orang tua, jangan bertanya di luar tema yang dia pelajari. Contohnya, hari ini anak tema pelajarannya ttg anggota keluarga, trus maminya tanya, "Eh kak, bahasa Mandarinnya kebon binatang apa???"
  2. Ganti kata-kata bahasa Iandonesia dengan vocab yang sudah dia kuasai. Contohnya, "Jiejie hari ini belajar apa di xuexiao?"
  3. Minta teks lagu yang diajarkan gurunya di sekolah, bernyanyilah bersama dengannya.
  4. Tunjukkanlah kepada anak Anda, kalau Anda juga sangat tertarik belajar bersama mereka. Dorong mereka untuk mengucapkan kata-kata tersebut sesering mungkin. Dan yang paling penting, hindari "mempermainkan" kata-kata tsb. Contohnya: Papinya lagi ikutan ngafalin anggota keluarga, "jiejie, mama, gege, didi,..... dudu, dede, dodo,... ah cing cong fan lah kak...."
Segini dulu ya..., ditunggu pertanyaannya ya mami papi...

Happy learning!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar